Rekan Kerja yang Hobi Ghibah

Januari 29, 2009

lingkungan masjid al-amanah rancamanyar regency (6) Saya punya rekan kerja yang kebanyakan mengunjing para pelajar dan pengajar. Setiap saya nasihati mereka memang mengindahkan, tapi tidak berapa lama kembali mengulangi. Hal ini terjadi berulang kali. Apa yang harus saya lakukan? Apakah saya juga berdosa karena bersama mereka?

Selama menasihati mereka untuk meninggalkan gunjingan (ghibah) tentang para pelajar dan guru, anda tetap dalam kebaikan. Jika mereka mengindahkan, mereka pun dalam kebaikan. Tetapi jika mereka mengabaikan, anda dalam kebaikan, sementara mereka dalam keburukan dan dosa.

Hendaklah anda senantiasa menasihati walau mereka kembali mengulanginya, karena dengan banyaknya nasihat dan ajakan kembali kepada jalan Allah, diharapkan bisa mereka lepas sepenuhnya dari perbuatan tersebut.

Perlu diketahui, seharusnya mereka dan yang lain, memelihara lisan dari hal yang diharamkan. Setiap mereka menggunjing tentang seseorang dalam hal yang tidak disukainya, maka korban gunjingan akan mendapat balasan berupa kebaikan pada hari kiamat kelak. Kebaikan itu diambilkan dari kebaikan-kebaikan pelaku ghibah. Kebaikan itu diberikan kepada korban yang digunjing.

(Fatwa syaikh Ibnu Utsaimin, Dalil ath-Thalibah al-Mu’minah hal 35)

Tag Technorati: {grup-tag},,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: