Gerak Cepat Para Donatur dalam Pemasangan Lantai Granit Masjid

Januari 29, 2009

P29-01-09_12.36 Subahanallah. Sungguh menakjubkan jika melihat bagaimana para dermawan diantara warga bergerak. Hanya dalam hitungan hari, sejak wacana pemasangan granit untuk lantai masjid digulirkan, kini telah direalisasikan. Sejak awal, memang telah bisa diduga, bahwasanya animo warga untuk menyumbang sangatlah besar. Hal ini terasakan oleh pengurus DKM sendiri, bagaimana warga mendukung program yang digulirkan DKM. Apalagi untuk pembangunan masjid, yang akan menjadi pusat ibadah dan amal shalih, pusat kehidupan kaum muslimin, khususnya di lingkungan komplek Rancamanyar.

Pertamakali wacana pemasangan granit ini digulirkan oleh bapak Hamzah. Alasannya sederhana, “nggak enak lantai masjid kotor terus. Berjalan dari tempat wudhu ke barisan shalat, eh… kaki sudah kotor lagi, kata pak Hamzah. Jamaah yang hadir menyambut baik usulan pak Hamzah. Dan dari sinilah kita menyaksikan, bagaimana Allah menggerakkan hambaNya, luar biasa. Pak, untuk pendanaannya nanti saya bantu-lah, kata rekan pak Hamzah yang juga tinggal satu blok. Nanti saya akan hubungi para calon donaturnya pak, kata yang lain. Untuk pembukuan, agar tertib, nanti saya bantu pak. Untuk pelaksanaan pembangunannya, nanti kami yang ngawal pak! Kata pak Samsi dan pak Umar. Tentu saja, pak Polisi dan pak Tentara ini bercanda. Kita mah tinggal di Rancamanyar, bukan di Gaza. Disini mah tidak ada Yahudi yang keliaran yang kerjaannya menghancurkan masjid dan membunuhi anak-anak dan wanita.

Hari Jumat usul itu bergulir diantara jamaah masjid, lalu rencananya besoknya akan dilaksanakan, namun terkendala oleh hari libur tahun baru China, sehingga toko-toko yang menjual granit tutup. Baru hari Rabu granit yang dipesan dikirimkan ke masjid, sejumlah 110 box, senilai sekitar Rp. 12,5 juta. Pada hari itu juga, bapak Wendi menyampaikan komitmennya untuk membantu pembangunan ini, sekalipun beliau sudah tidak tinggal di komplek Rancamanyar. Pada hari Kamis inilah, para tukang yang berjumlah 7 orang yang akan memasang granit, mulai datang, bersamaan dengan bahan-bahan bangunan lainnya. Dan pagi ini, pekerjaan pemasangan granit pun sudah dimulai.

Inisiatif dan niat baik warga ini, tentu saja disambut positif. DKM sendiri berharap, hal ini tetap dilakukan secara sinergi dengan berbagai lembaga yang ada di lingkungan warga, sehingga dengan pekerjaan besar ini akan terasa ringan, dan yang lebih penting… terbuka lebarnya kesempatan buat warga untuk beramal jariyah di lingkungannya, khususnya dalam membangun masjid. Pada kesempatan shubuh tadi pun, DKM berharap agar pemasangan ini tidak mengganggu kegiatan yang sudah rutin dilangsungkan di masjid, seperti shalat wajib, shalat jumat dan ta’lim ahad. Pak Hamzah, selaku kordinator kegiatan, akan mengusahakan agar kegiatan pemasangan granit ini tidak mengganggu kegiatan rutin masjid.

Dari pihak RW sendiri, bapak Arofa menyambut baik inisiatif warga ini. Lebih jauh, bahkan ia berniat untuk mengakomodir para dermawan (donatur) ini, sehingga keberadaannya secara formal diterima warga. Melalui sekretarisnya, bapak Adang, upaya mewadahi para donatur ini kemudian akan dicarikan bentuknya. Yang jelas, diharapkan para donatur ini mampu menggerakkan dan membangkitkan semangat para donatur lainnya dalam upaya percepatan pembangunan (penyelesaian) masjid, mengelola kegiatan secara kredibel dan transparan dalam masalah keuangan. Sedangkan untuk koordinatornya, malam tadi baru diusulkan beberapa nama, yaitu: bapak Hamzah untuk koordinator umumnya, bapak Umar untuk koordinator lapangan (pelaksanaan) dan bapak Samsi untuk koordinator donaturnya. Hal ini berdasarkan antusiasme yang diperlihatkan oleh ketiga bapak-bapak tadi dalam masalah ini.

Menurut bapak Hamzah, pemasangan lantai granit ini akan memerlukan waktu selama seminggu (7 hari kerja). Mudah-mudahan Allah menolong kita untuk bisa segera menyelesaikan “rumah Allah” ini, sehingga syiar dan keagungan namaNya kian bergema di lingkungan Rancamanyar Regency kita. Amin…

Tag Technorati: {grup-tag},,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: