Maksud Digulirkannya PTQ

Desember 27, 2008

Sanlat liburan (4) Maksud disusun dan digulirkannya Program Tahfidz Qur’an oleh DKM al-Amanah ialah sebagai berikut:

1. Sebagai pilot project hasil dari PTQ akan menjadi bahan perbaikan dan penyempurnaan untuk penyusunan model pendidikan yang bisa dikembangkan dan dilaksanakan oleh DKM al-Amanah. Model ini perlu disusun secara cermat karena pendidikan yang dilaksanakan di masjid al-Amanah tidak sama dengan pendidikan formal (sekolah) dimana sistematika pembelajaran telah baku dan terlembagakan dengan baik, serta tidak pula sama dengan pesantren dimana peserta sepenuhnya (24 jam) berada dalam bimbingan dan pengawasan seorang ustadz. Model pendidikan yang dikembangkan di masjid DKM setidaknya mampu mengakomodir kelebihan dari masing-masing model yang disesuaikan dengan keadaan dan keterbatasan peserta didik, orang-tua dan lingkungan pendidikan.

2. PTQ menjadi salah satu sarana pendidikan bagi anak-anak dimana para orang-tua, khususnya warga di komplek Rancamanyar, bisa menitipkan amanah (anaknya) untuk mengikuti program tersebut. Sebagai sarana pendidikan, maka kualitas anak didik yang dihasilkan harus memenuhi standar minimal sebagaimana yang diharapkan oleh para orangtua, khususnya dalam masalah hafalan al-Qur’an beserta perilaku yang menyertainya. Pada tahap selanjutnya, sarana pendidikan ini harus terus dalam proses penyempurnaan sehingga menjadi sarana pendidikan harapan orang tua dan menjadi kebanggaan warga umumnya.

3. Upaya menggulirkan PTQ tidak bisa dilepaskan dengan visi atau gambaran besar dari warga dalam masalah pendidikan, dimana diharapkan komplek Rancamanyar memiliki komplek pendidikan Islam yang mampu membina anak-anak dengan bimbingan dan muatan Islam. PTQ adalah langkah pertamanya.

Itulah 3 maksud dari digulirkannya PTQ.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: