Praktik PMA

Desember 26, 2008

Sanlat liburan (1) Beberapa tip mengenai bagaimana menjalani praktik sehari-hari.

Memiliki Gambar Besar. Milikilah gambar besar (big picture) bagaimana pola yang akan kita selenggarakan. Dengan gambar besar itu, setidaknya kita mengetahui kemana arah yang hendak kita tuju dalam pelaksanaannya. Seandainya terjadi penyimpangan atau modifikasi di lapangan, kita dapat menilainya apakah masih sesuai dengan gambar besar atau tidak.

Buat program jangka pendek. Buat rencana-rencana jangka pendek (mingguan/bulanan) mengenai kegiatan yang akan kita laksanakan bersama. Buat rencana belajar apa dan bagaimana cara belajarnya sehingga kita tahu apa yang harus kita siapkan. Program mingguan ini dapat membantu kita menilai efektifitas proses yang sudah kita jalani.

Jadwalkan Kegiatan Harian. Dalam perencanaan, buatlah jadwal harian sehingga anak-anak kita dapat mengisi hari-harinya dengan efektif. Jadwal ini juga berguna untuk membantu anak-anak mengetahui ekspektasi yang diharapkan dari proses belajarnya.

Lakukan semua dengan kesepakatan. Lakukan semua perencanaan ini bersama-sama anak-anak dan instruktur. Dengan kesepakatan bersama akan meningkat rasa kepemilikan dan tanggung-jawabnya. Jika program dan jadwal itu berangkat dari minat dan inisiatif anak, rasa keterlibatan itu akan jauh lebih besar lagi.

Evaluasi. Setelah membuat rencana dan melaksanakannya, jangan luoa melakukan evaluasi efektifitas kegiatan yang sudah kita laksanakan.

Porto folio. Dokumentasikan proses dan karya-karya yang lahir selama proses pembelajaran. Dokumentasi itu dapat berupa dokumentasi karya, atau berupa foto kegiatan dan jurnal aktifitas PMA.

Sumber: Konsep Pendidikan Masjid al-Amanah (PMA) Lompatan Cara Belajar. Adang Effendi hal 13.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: