Catatan PTQ: Tujuan Orang Tua

Desember 25, 2008

DSCF8176 Hal pertama yang harus digarisbawi dalam PTQ ialah keikutsertaan orang tua. Orang tua menjadi kunci keberhasilan PTQ, sebab sebagian besar waktu anak-anak bersama orang-tuanya, sehingga bagaimana kondisi anak-anak di rumah bersama orang-tuanya akan berdampak sangat besar bagi keberhasilan hafalan al-Qur’an anak-anaknya. Hal kedua yang perlu disadari pula, sesungguhnya pendidikan dan pembinaan anak-anak adalah tanggung-jawab orang tua. Tanggung-jawab itu tidak bisa dilepaskan begitu saja, di dunia apalagi di akhirat. Sebab, yang harus mempertanggungjawabkan anak-anak adalah orang tuanya, bukan guru, ustadz atau orang lain. Kehadiran ustadz, adalah sebatas membantu orang tua untuk membimbing anak-anak tersebut.

Karena itulah, sejak awal wacana PTQ digulirkan, maka upaya melibatkan orang-tua menjadi salah satu fokus perhatian. Sejak awal, orang tua yang akan mengikutsertakan anak-anaknya dalam PTQ harus sungguh-sungguh berkomitmen bagi keberhasilan pendidikan anak-anaknya. Contoh sederhananya, betapa pentingnya peran orang tua di rumah, digambarkan: anak-anak ikut PTQ di masjid hanya 1-2 jam, setelah itu pulang. Bagaimana jadinya, jika 1-2 jam mereka mencoba menghafal al-Qur’an di masjid,  sementara 10-15 jam di rumah mereka disuguhi lagu-lagu, film-film, hiburan-hiburan yang justru bisa merusak hafalannya?

Di dalam penyusunan tujuan PTQ, baik jangka pendek maupun panjang, orang tua pun menjadi sasaran PTQ. Secara umum, tujuan itu ialah melibatkan mereka dalam proses pembelajaran anak-anaknya. Mereka pun harus mengerti apa yang sedang ditempuh anak-anaknya, mencintai kegiatan itu dan mendukung agar al-Quran meresap dan hidup dalam diri putera-puterinya. Karena tujuan utamanya kurang lebih sama, maka dalam tujuan dari sisi orang tua, dari jangka pendek hingga jangka panjang, tidak berbeda.

Pada tahap selanjutnya, bidang pendidikan DKM al-Amanah insya Allah akan menyusun program khusus tahfidz quran untuk para orang tua (bapak-bapak dan ibu-ibu). Semoga Allah memudahkan kami untuk mewujudkannya. Amin ya Rabbal alamin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: