Antara Dewan Syariah dan Dewan Syura

Desember 21, 2008

P16-11-08_04.46 Dalam struktur DKM al-Amanah, terdapat dua organ yang sangat penting bagi kelangsungan kegiatan DKM dalam memakmurkan masjid. Pertama adalah Dewan Syariah dan kedua adalah Dewan Syura. Sebagian warga, dan tidak mustahil pula sebagian pengurus DKM, belum mengetahui fungsi dan perbedaan wewenang dari kedua Dewan tersebut.

Secara umum, Dewan Syariah ialah otoritas untuk melihat, mempertimbangkan dan menilai seluruh kegiatan DKM, baik yang telah dilaksanakan, yang sedang dilaksanakan, maupun yang akan direncanakan berdasarkan pertimbangan syariah. Dalam aspek perencanaan, pengurus DKM harus merujuk pada pertimbangan Dewan Syariah, apakah kegiatan tersebut diperbolehkan secara syar’i ataukah terlarang. Dalam kegiatan yang sedang berlangsung, Dewan Syariah berwenang untuk mengawasi (monitoring) sehingga seluruh kegiatan berlangsung dalam koridor syariah dan mencegah terjadinya penyimpangan. Sedangkan pada kegiatan yang telah dilaksanakan, pengurus DKM mempertanggungjawabkan kegiatannya secara syariah kepada Dewan Syariah.

Adapun Dewan Syura, merupakan wadah yang mewakili seluruh komponen warga sebagai pihak-pihak yang memiliki kepentingan sekaligus manfaat dari kehadiran DKM.Otoritas Dewan Syura sesungguhnya pada aspek manajerial dan pelaksanaan dari kegiatan DKM. Secara umum, Dewan Syura berhak memberikan masukan, pertimbangan, dan juga penilaian atas kegiatan DKM yang direncanakan, atau sedang berlangsung dan yang telah selesai. Ringkasnya, wewenang Dewan Syura lebih kurang sama dengan Dewan Syariah, hanyasaja yang menjadi otoritas Dewan Syura adalah aspek manajerialnya bukan sisi syariahnya.

Itulah garis besar fungsi dan wewenang dua organ penting dalam struktur DKM. Bahwa saat ini, fungsi tersebut belum berjalan optimal, bukanlah alasan untuk meniadakan organ tersebut dari struktur DKM. Tetapi justru menjadi dorongan bagi kita (pengurus DKM dan warga) untuk bersama-sama menyusun aturannya yang tertuang dalam AD/ART DKM. Jalan menuju ke arah itu telah diberikan, baik oleh ustadz Saif selaku salah seorang anggota Dewan Syariah, maupun oleh bapak Drs. Dedi selaku salah seorang anggota Dewan Syura.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: