Upaya Menggulirkan Tabungan Qurban

Desember 18, 2008

Technorati Tags: ,,,

P08-12-08_07.43 Wacana untuk menggulirkan program tabungan qurban kian mengerucut. Wacana ini tidak hanya digulirkan secara informal, dalam obrolan di masjid seusai shalat Isya atau Shubuh, tetapi juga secara formal telah direspon oleh para pengurus DKM dan LAZ Al-Amanah. Secara syari’ah, diskusi dengan ustadz Saif sebagai anggota dewan syariah, pun telah tuntas.

Dalam menanggapi perkembangan wacana tabungan qurban, yang juga pada awalnya ada rencana untuk mengelola dana tabungan tersebut, ustadz saif memberikan rambu-rambu sebagai berikut:

  • Dana tabungan sebaiknya dipisahkan dengan dana yang akan digunakan untuk investasi dalam pengelolaan ternak hewan qurban.
  • Dana tabungan tujuannya hanyalah untuk membantu meringankan warga dalam melaksanakan ibadah qurban, dimana dengan upaya menabung (mencicil) maka akan terasa ringan, sehingga tujuannya semata-mata untuk ibadah, tidak ada harapan memperoleh keuntungan. Dengan demikian, berapa uang yang ditabung itulah uang yang bisa diambil/diterima.
  • Adapun dana investasi sebaiknya dipisahkan dan menggunakan sistem mudharabah (bagi hasil, bagi resiko). Tidak boleh pihak investor hanya memperoleh hasil sedangkan bila terjadi kerugian, resiko ditanggung oleh pengelola dana. Sistem demikian adalah batal (ribawi), sedangkan kerelaan pihak pengelola untuk sepenuhnya menanggung resiko (100%), tidaklah menjadikan sistem yang batal menjadi halal.

Dalam perkembangannya, pak Makin (ketua LAZ) sendiri setuju, jika pengelolaan dana tabungan dan dana untuk investasi dipisahkan. Selain itu, ia pun memprioritaskan dana tabungan terlebih dahulu yang akan digulirkan, baru kemudian dana investasi. Selain itu, dalam percakapan melalui YM, ia sendiri telah memiliki beberapa kandidat nama untuk penanggung-jawab tabungan qurban ini. Dan nampaknya, untuk tabungan qurban ini, beliau akan mempercayakannya pada kaum ibu. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, sebab ide digulirkannya tabungan qurban ini telah dimunculkan oleh para ibu, hampir setahun yang lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: