Wanita Keluar Rumah Menuntut Ilmu Tanpa Disertai Mahram

Desember 17, 2008

lingkungan masjid al-amanah rancamanyar regency (21) Bagaimanakah hukum keluarnya wanita untuk menuntut ilmu tanpa disertai dengan mahram, dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan?

Jika yang dimaksudkan dengan keluar rumah tersebut adalah keluar rumah dengan maksud bersafar (perjalanan ke luar kota), maka boleh. Sebagaimana sebagian wanita shahabat keluar rumah menemui Nabi SAW untuk bertanya tentang masalah-masalah agama. Namun, jika yang dimaksudkan ialah bersafar maka hukum asalnya wanita tidak boleh bersafar tanpa mahram. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dibawah ini:

“Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: Nabi SAW bersabda: “Seorang wanita tidak boleh bersafar kecuali bersama mahramnya, dan seorang laki-laki tidak boleh masuk menemui wanita kecuali bersama wanita itu ada mahramnya”. Maka seorang laki-laki berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya berkehendak keluar di dalam tentara ini dan itu, sedangkan istriku berkehendak melakukan haji”. Maka Nabi bersabda, “Keluarlah engkau (berhaji) bersama istrimu!” (HR Bukhari no 1862, Muslim no 1341).

Yang disebut mahram adalah laki-laki dewasa yang haram menikah dengannya selamanya. Kemudian, sebenarnya seorang wanita dapat menuntut ilmu tanpa harus dengan bersafar, seperti membaca buku-buku terpercaya, mendengarkan kajian dari radio, CD atau lainnya. Wallahu’alam.

Solusi lainnya adalah dengan berangkat ke pondok pesantren atau sejenisnya dan tinggal disna, dengan berangkat dan pulang disertai mahram.

Sumber: majalah as-Sunnah edisi 8/Tahun XII/Dzulqa’dah 1429/Nopember 2008 hal 5.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: