Memandang Gambar/Foto yang Haram

Desember 13, 2008

P23-10-08_11.42 Kebanyakan orang menganggap tidak mengapa memandang gambar/foto wanita yang bukan mahramnya, alasannya karena gambar belaka dan bukan yang sebenarnya”

Sikap peremehan ini sangat berbahaya. Seorang lelaki yang memandang wanita, baik lewat sarana media elektronik, surat kabar, maupun lainnya pasti akan muncul fitnah dalam hatinya. Hal itu akan menggodanya untuk sengaja memandang wanita secara langsung. Masalah ini sudah banyak  buktinya.

Ada yang memberikan kabar kepada kami, terdapat salah seorang pemuda yang sengaja menyimpan gambar/foto wanita untuk dinikmati atau bersenang-senang dengan cara memandanginya. Ini menunjukkan besarnya fitnah melihat gambar semacam itu. Oleh karena itu, seseorang tidak boleh melihat gambar-gambar seperti itu, baik dalam majalah, surat kabar maupun selainnya bila dirinya merasa nikmat dan senang sehabis memandanginya, karena hal itu adalah fitnah yang dapat membahayakan agama dan cita-citanya. Demikian pula hatinya akan selalu tergoda untuk memandangi para wanita. Akhrinya dia pun akan memandanginya secara langsung. (Al-Majmu al-Tsamin III/160)

Sumber: majalah Fatawa vol IV/No 11/ Dzulqa’dah 1429/Nopember 2008 hal 12.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: