Menurunnya Jumlah Pequrban

Desember 10, 2008

P08-12-08_10.37[2] Tahun ini, jumlah pequrban di komplek Rancamanyar mengalami penurunan. Pada tahun 1428 H (2007) lalu hewan yang diqurbankan terdiri dari 2 ekor sapi dan 32 ekor domba, sementara tahun ini 1429 H (2008) jumlah hewan yang diqurbankan sejumlah 1 ekor sapi dan 26 ekor domba.

Sekalipun belum dilakukan evaluasi atas pelaksanaan kegiatan qurban, namun diskusi masalah penurunan angka hewan qurban ini telah dibahas diantara panitia dan warga. Terdapat analisis beberapa sebab terjadinya penurunan tersebut, diantaranya:

  • Meningkatnya jumlah warga yang berqurban diluar kompleks, khususnya di tempat kampung halamannya (tempat orang tua) dan ditempat kerjanya.
  • Imbas dari krisis global (agak jauh juga ya analisanya), sehingga berdampak pada kondisi ekonomi warga, sehingga menurunkan “kemampuan” sebagian warga untuk berqurban.
  • Sosialisasi kepada warga yang kurang gencar, sehingga kurang “mendorong” warga untuk berqurban. Ini bukan hanya “kesalahan” panitia qurban, tetapi juga dari DKM yang kurang gencar menyampaikan masalah ibadah ini, misalnya melalui ta’lim ataupun buletin (yang sedang vakum).
  • Analisa lain yang menarik, terkait dengan pemahaman ibadah qurban yang hukumnya “sunnah”. Di kalangan masyarakat banyak, hukum sunnah berarti bisa diabaikan atau ditinggalkan, seperti istilah sekedar sunnah… ga apa-apa kan cuma sunnah. Sekalipun ini adalah sunnah muakkadah (sangat ditekankan). Untuk merubah persepsi “sunnah” seperti ini memang bukan hal yang mudah.

Sekalipun demikian, secara umum pelaksanaan ibadah qurban oleh panitia relatif berjalan baik dan lancar. Bahkan dari sisi angka pun, jika dibandingkan dengan daerah lain atau sekitarnya, masih sangat baik. Dan hal yang lebih penting dari diskusi evaluasi tersebut, munculnya dorongan untuk segera menggulirkan tabungan qurban. Dengan tabungan itu, diyakini, akan membantu meringankan warga dalam melaksankan ibadah qurban…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: