Ukuran Mengangkat Tangan dalam Takbir

Desember 9, 2008

p15-11-08_0542Ustadz, takbir yang benar itu tangan diangkat sampai mana? Karena saya sering lihat banyak orang yang berbeda-beda cara takbirnya?

Mengenai posisi tangan ketika takbir dalam shalat, ada perbedaan pendapat diantara para ulama. Mereka berbeda pendapat karena adanya hadits yang berbeda dalam menerangkan masalah ini. Diriwayatkan Salim dari ayahnya, Abdullah bin Umar, ia berkata:

Aku telah melihat Rasul SAW bila memulai shalat dengan iftitah beliau mengangkat tangannya hingga berada dihadapab dua pundaknya. (HR Muslim)

Dan dalam riwayat Wail bin Hijr,

Rasul SAW berdiri dan menghadap qiblat, lalu takbir dan mengangkat tangannya hingga berada di hadapan kedua telinganya. (HR Abu Daud)

Menyikapi kedua hadits yang zhahirnya berbeda ini, Imam an-Nawawi berkata, “Dalam madzhab kami dan kebanyakan madzhab lain, teknisnya yaitu mengangkat tangan di depan pundak, yaitu posisi ujung jari di depan telinga bagian atas, dan ibu jari berada dibawah telinga, diatas dua pundak. Ini yang disebut posisi depan dua pundak. Dalam hal ini Imam asy-Syafii telah mengkompromikan dua hadits tersebut”.

Ada juga pendapat yang membenarkan keduanya, sebagaimana menurut ahli hadits, “Orang yang shalat dibolehkan memilih, boleh mengangkat hingga kedua pundaknya, boleh juga mengangkat hingga kedua telinganya”. Menurut Ibnu Mandzir seperti ini adalah pendapat yang terbaik.

Dan ada juga yang lebih menguatkan riwayat dari Abdullah bin Umar, Ibnu Abdul Bar berkata, “Hadits Ibnu Umar lebih kuat dalam masalah ini, sebagaimana pendapat kebanyakan ulama tabi’in, ahli fiqih dan ahli hadits”.  Wallahu’alam. (Lihat: syarhu al-Bukhari Ibnu Baththal 3/436, Aunul Ma’bud 2/257, Shahih Fiqh Sunnah 1/343).

Sumber: majalah ar-Risalah no 89/Vol VIII/5 Dzulqadah 1429/Nopember 2008 hal 28.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: