Ibadah Qurban di al-Amanah

Desember 8, 2008

dari awal hingga akhir

tertib: dari awal hingga akhir

Tertib. Itulah kesan yang secara umum dalam pelaksanaan ibadah qurban di komplek rancamanyar. Kesan ini, mulai dari persiapan pemotongan hingga pendistribusian. Kekhawatiran akan terjadinya penumpukan massa, alhamdulillah tidak terjadi. Semua ini, tidak terlepas dari kesungguhan panitia dalam mensukseskan ibadah qurban tahun ini.
Ibadah pemotongan hewan qurban dimulai tepat pukul 08.00 pagi. Diawali dengan pengumuman panitia atas hewan qurban dan pequrbannya (untuk diberi kesempatan menyaksikan pemotongan hewan atau jika mau menyembelihnya sendiri), pada saat yang sama tim pemotongan hewan qurban yang dipimpin oleh ustadz Wawan melakukan briefing kepada anggotanya, sekaligus mengenakan seragam berupa rompi LAZ al-Amanah. Pemotongan hewan qurban yang terdiri dari 1 ekor sapi dan 26 ekor domba pun dimulai. Selepas dzuhur, pemotongan hewan hingga pengepakan dagingnya pun selesai dilakukan.
Berikutnya, tim distribusi yang diketuai bapak Dedi lah yang mulai sibuk. Daging qurban untuk warga (lebih kurang 250 bungkus) disebar oleh bapak Tb. Agus dan bapak Aang menggunakan pick up. Sedangkan yang lainnya diserahkan kepada warga disekitar kompleks (RW 02, RW03 dan RW 04) serta yayasan-yayasan sosial. Sementara kulit hewan qurban disedekahkan ke sebuah yayasan yatim piatu. Kegiatan distribusi daging hewan qurban pun selesai sekitar pukul 14.00 WIB. Tanpa ada kerumununan dan rebutan daging qurban.
Prosesi ibadah qurban pun selesai. Wajah-wajah lelah para panitia yang telah bekerja sepanjang malam hingga siangnya, sirna dengan lancarnya pelaksanaan ibadah qurban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: