Ralat Rubrik Tanya Jawab Ringkas

Desember 4, 2008

rujuk langsung fatwa ulama

ustadz: rujuk langsung fatwa ulama

Beberapa waktu lalu, mungkin anda sempat membaca kategori Tanya Jawab Ringkas di blog ini. Awalnya, rubrik yang isinya berasal dari transkrip tanya jawab saat ta’lim shubuh di masjid al-Amanah bersama ustadz Saiful Aziz Lc, ditujukan untuk memberikan referensi yang cepat dan ringkas bagi para pembaca. Namun, setelah disampaikan kepada ustadz Saif, sebagai narasumber, beliau memberikan beberapa pertimbangan, sebagai berikut:

  • Memberi fatwa itu haknya para mufti. Artinya, tidak semua orang bisa dijadikan rujukan atau mengeluarkan fatwa kecuali memang telah memenuhi kualifikasi seorang mufti, atau mujtahid. Sedangkan beliau, hanya menyampaikan fatwa-fatwa para ulama, bukan menjadi pemberi fatwa, karena itu beliau menyarankan agar yang dipostingkan di kategori tanya-jawab itu, langsung saja jawaban para ulama yang secara keilmuan telah diakui di seluruh dunia Islam.
  • Selain itu, suatu permasalahan seringkali memerlukan tanya-jawab dengan pembahasan yang lebih mendalam dan penjelasan yang lebih luas. Jika suatu masalah disampaikan terlalu ringkas, mungkin tidak memberikan penjelasan yang memadai, sehingga dikhawatirkan malah membuat kebingungan.
  • Sesungguhnya, segala permasalahan dan persoalan yang ditanyakan kaum muslimin saat ini, telah dijawab dan dijelaskan oleh para ulama, baik dalam kitab-kitab klasik maupun kitab-kitab para ulama kontemporer. Bentuknya mungkin berbeda, tetapi hakikat masalahnya sama. Sehingga, kita bisa menemukan jawaban dan penjelasan berbagai masalah tersebut kepada kitab-kitab para ulama mu’tabar. Kita bisa merujuk kitab-kitab para Imam madzhab dan para ulama terkemuka lainnya. Misalnya, kita bisa menemukan jawaban itu dari Majmu Fatawa-nya syaikh Ibnu Taimiyah, atau kita bisa pula mencarinya dari kitab Majmu Fatawa-nya syaikh Bin Baaz.

Dari beberapa pertimbangan tersebut, ustadz Saif menyarankan agar kategori baru yang berisi soal jawab, sebaiknya dirujukkan saja langsung dari kitab-kitab ulama, dengan persoalan atau permasalahan yang disesuaikan dengan kebutuhan, atau yang ditanyakan. Beliau menyarankan, misalnya langsung merujuk kepada Majmu Fatawa-nya syaikh Ibnu Taimiyah, atau syaikh Bin Baz, atau syaikh Utsaimin, atau syaikh-syaikh lainnya. Penunjukkan kitab-kitab tersebut diatas hanyalah contoh, bukan keharusan, yang kebetulan kitab-kitab tersedia tersedia di koleksi perpustakaan pribadi ustadz, baik berupa fisik (kitab) maupun ebook (Maktabah Syamilah).

Menyetujui saran dari ustadz, maka insya Allah, kategori tanya-jawab ringkas akan diganti dengan fatwa-fatwa para ulama yang diambil dari kitab-kitab mereka, dengan pertanyaan dan jawaban yang disesuaikan dengan yang ditanyakan pada majlis ta’lim al-Amanah. Untuk tahap awal, kami mencukupkan mengambil fatwa dari syaikh Bin Baaz dan syaikh Ibnu Utsaimin. Insya Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: