Blog Untuk Inkubasi Ide

November 21, 2008

p15-11-08_05341

diskusinya dilanjutkan di blog ya

Di halaman buku tamu, seorang warga mengusulkan kepada pengelola blog untuk menyediakan ruang bagi warga atau pengunjung blog untuk bertukar pikiran, ide, gagasan, saran dan lain sebagainya. Menurutnya, sebagian besar warga komplek seringkali tidak mengeluarkan gagasan dalam suatu pertemuan bukan karena tidak memiliki ide, gagasan dan saran, tetapi terhambat oleh berbagai kendala. Kendala dalam pertemua, seperti waktu pertemuan (rapat) yang sangat terbatas, kondisi fisik dan pikiran yang tidak fresh karena biasanya sisa setelah diperas di kantor, kondisi psikologis pertemuan yang tidak kondusif. Hal tersebut memang sangat mungkin terjadi. Bahkan diskusi melalui blog (tulisan) gagasan bisa sampai lebih jelas, sistematis dan lebih rasional karena faktor emosional relatif tidak terpengaruh lingkungan.
Usul itu kami pandang serius, terlebih saat ini DKM memang membutuhkan gagasan-gagasan dan saran-saran dari warga dalam upayanya membangun lima proyek da’wah.Berdasarkan prioritas, maka dibuatlah blog terpisah sebagai sarana bertukar pikiran tersebut. Blog pertama adalah blog yang berisi tentang lembaga amil zakat yang beralamat di http://lazamanah.wordpress.com. Blog ini dikelola oleh pengurus LAZ al-Amanah, yakni bapak Makin (Ketua LAZ) dan bapak Roni (bendahara). Berbagai visi dan misi LAZ, termasuk rencana dan laporan kegiatan dan keuangannya, akan dipublish melalui blog ini.

Sedangkan yang kedua, adalah blog tentang pendidikan. Pada tahap awal ini, yang menjadi fokus diskusi ialah garapan untuk meluncurkan program tahfidz al-Qur’an (target jangka pendek), sedangkan sasaran jangka panjangnya adalah membuat konsep atau model pendidikan yang bisa diterapkan di lingkungan masjid al-Amanah. Sebagai bahan diskusi, kami publis konsep yang pernah diusung oleh pak Adang Effendi mengenai konsep pendidikan al-Amanah. Blog ini beralamat di http://bidangtaklim.wordpress.com dan dikelola oleh bapak Rendra yang merupakan ketua bidang taklim DKM al-Amanah, serta pak Adang Effendi yang saat ini diamanahi tanggung-jawab untuk memimpin proyek dakwah di bidang pendidikan. Tentu saja, bagi warga yang ingin terlibat aktif dalam blog tersebut, dan tidak puas sekedar memberi komentar tetapi memiliki gagasan yang perlu dipostingkan, bisa menjadi kontributor blog.

Kami pun mengetahui betapa besarnya potensi warga komplek, dimana sebagian besar warga adalah para profesional di berbagai bidang pekerjaan, yang Insya Allah akan sangat membantu bagi terwujudnya proyek dakwah ini serta berguna bagi warga muslim Rancamanyar khususnya. Inilah barangkali kesempatan bagi kita untuk mewaqafkan profesi yang manfaatnya Insya Allah akan mengalir terus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: