FARAIDH: Menghitung Bagian Waris? Gampang Kok…

Desember 25, 2008

P22-10-08_11.51[2] Dari Abu Hurairoh, bahwa Nabi saw bersabda: “Pelajarilah Faroidh dan ajarkanlah kepada manusia, karena Faroidh adalah separuh dari ilmu dan akan dilupakan. Faroidhlah ilmu yang pertama kali dicabut dari umatku”. (HR Ibnu Majah dan Ad-Daroquthni). Sinyalemen hadits diatas mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, dimana tidak sedikit orang-orang yang padahal mengaku dirinya muslim, namun tatkala hendak membagikan waris, tiba-tiba mereka mengingkari syariah dan menuntut aturan jahiliyah. Naudzubillah, semoga kita terhindari dari sikap semacam itu.

Namun, sikap dan niat baik kita, kadangkala terselimuti oleh ketidaktahuan. Keinginan untuk mengikuti hukum waris sesuai syariah, terhalang oleh ketiadaan ilmu? Obatnya, tentu saja hanyalah dengan bertanya kepada para ulama dan ustadz. Dan kini, dengan software faraidh, anda pun sedikit banyak akan mempunyai gambaran tentang pembagian dari warisan.

 

Software Faraidh yang dibuat oleh Agung Yulianto sangat musah digunakan, untuk mengetahui hasil perhitungan waris sesuai dengan syariat Islam, secara cepat, tepat dan mudah. Perhitungan waris ini disusun berdasarkan kitab fiqih Fiqhus Sunnah karya syaikh Sayyid Sabiq. Penggunaan software¬† yang berukuran sangat kecil ini (hanya 123 kb !) teramat mudah, dan anda tidak perlu menginstallnya karena sudah dalam bentuk .exe. Setelah menjalankan program tersebut, isikan password dengan “agung” tanpa tanda petik. Lalu masukkanlah nama-nama ahli warisnya, kemudian enter. Setelah itu isilah kedudukan ahli waris tersebut dalam keluarga. Jangan dulu keder, mudah kok, anda tinggal memilih dari 12 kedudukan yang ada dalam waris. Setelah selesai semua ahli waris dimasukkan, enter kembali, Lalu masukkan jumlah harta yang akan dibagikan (konversikan seluruh harta dalam bentuk uang). Setelah selesai, enter kembali, Maka muncullah hasil pembagian warisnya, setiap ahli waris dengan jumlah hak warisnya. Musah sekali bukan?!

Jangan lupa, kita berterimaksih kepada Agung Yuluanto yang telah membuat program ini dan mewakafkannya untuk saudara-saudaranya seiman. Jazakallahu khairaan. Semoga Allah membalas kebaikan saudara Agung dengan yang lebih baik. Amin.

Download FARAIDH

About these ads

6 Responses to “FARAIDH: Menghitung Bagian Waris? Gampang Kok…”

  1. badar Says:

    apa warga ada yang prnh coba sofware faraidh nya….kyk apa donk info nya

  2. alamanah1429 Says:

    kalo nyoba sih, pernah pak… makanya dipostingin, bagi2 pengalaman, dan mudah sekali cara menghitungnya. Bapak tinggal instal programnya, selanjutnya ya tinggal ikuti saja. Coba dulu ya pak badar…

  3. aiboy Says:

    Berguna sekali nih,, jazakumullah khairan katsira!

  4. muqorrobin Says:

    Assalamualaykum..
    jazakallah khayra atas sharingnya…
    saya sebarkan lagi ya….

  5. suprapto Says:

    minta software buat nmenghitung warisan dong??

  6. kasrudin Says:

    ass.ww. gmn mendaptkn dan menggnkn program ini?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: