Menikahi Gadis yang Tidak Perawan

Desember 23, 2008

P10-11-08_15.02[1] Jika ada seorang laki-laki menikah dengan seorang wanita yang masih gadis, ternyata dikemudian hari tidak ditemukan keperawanannya, apakah seorang suami harus menutupi aibnya atau apakah yang harus diperbuat?

Pertama, ini merupakan salah satu pertanyaan yang bagus lagi penting, mengapa wahai saudaraku? Karena manusia bisa jadi menempuh cara-cara jahiliyah dalam menyelesaikan masalah ini. Namun perlu diketahui bahwasanya para ulama, bahkan para ahli medis bidang kedokteran, menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan hilangnya atau sobeknya selaput dara seorang wanita, diantaranya bisa jadi disebabkan karena lompat yang cukup tinggi, terjadi benturan pada punggungnya, sering datang bulan, atau mungkin pernah jatuh akibat bermain pada waktu usia kanak-kanak. Oleh karena itu, jika ada seseorang menikah dengan wanita yang masih gadis namun di kemudian tidak didapati keperawanannya maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Jika dia seorang yang memiliki ilmu dan mampu menjaga dirinya kemudian memberikan udzur baginya maka ini kembali kepada dirinya.
  • Namun, jika tidak, wajib atasnya untuk menutupi aibnya, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiap menutupi aib seorang muslim niscaya Allah akan menutupi aibnya”. Sungguh diharamkan baginya untuk menyebarluaskan perkara ini di khalayak manusia, akan hilang atau sobeknya selaput dara wanita tersebut, karena hal ini boleh jadi disebabkan adanya faktor yang lain selain berzina, atau bisa jadi hal itu karena dipaksa, dan sebagainya dari sebab-sebab yang sudah kita ketahui.

(Dari Ijabatus Sail oleh syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i, fatwa no 295)

About these ads

One Response to “Menikahi Gadis yang Tidak Perawan”

  1. bangfad Says:

    kalok masalahnya, kita tau bahwa wanita itu tidak perawan karena berzina? apa yang harus di lakukan?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: