Pengantar Proposal Program Tahfidz

Desember 21, 2008

sanlat liburan (19) Sudah 3 bulan lebih wacana tahfidz qur’an digulirkan. Cukup rasanya untuk mulai menyusun program tersebut untuk segera diaplikasikan oleh bidang ta’lim dkm al-amanah. Penyusunan proposal ini selain dihimpun dari berbagai diskusi diantara warga, masukan dari ustadz Saif selaku dewan syariah, bapak Drs Dedi sebagai salah seorang anggota Dewan Syura, konsep pendidikan yang dituliskan oleh bapak Adang Effendi, serta diskusi internal pengurus DKM.

Program ini dinamakan proposal karena akan diajukan sebagai usulan kepada Dewan Syura. Sekalipun ada usulan bahwa program ini dilaksanakan langsung oleh DKM, dalam hal ini bidang ta’lim, tanpa harus melalui musyawarah di Dewan Syura, namun kami memandang perlu untuk membawa program ini ke tingkat Dewan Syura dengan 2 pertimbangan utama:

  • Program ini adalah pilot project yang akan menjadi program pendidikan anak-anak dan remaja, tidak hanya bagi warga Rancamanyar tetapi juga diluar Rancamanyar. Dengan kata lain, ini merupakan project rintisan atas project yang besar, karena itu kami (DKM) membutuhkan dukungan sepenuhnya dari seluruh warga, yang dalam ini diwakili oleh Dewan Syura.
  • Program ini adalah milik warga, sehingga manfaat sepenuhnya (baik manfaat finansial maupun non-finansial) harus terasakan oleh warga secara umum, dengan distribusi manfaat yang adil. Karena itu, kepemilikan warga atas program ini terwakili dalam Dewan Syura, karenanya pula melibatkan Dewan Syura sejak awal merupakan langkah penting dan strategis bagi keberhasilan program ini.

Dalam proposal ini, akan dibahas alasan yang melatarbelakangi diselenggarakannya program serta tujuan dan proyeksi program ini ke depan. Setelah itu dibahas masalah program itu sendiri, pengelola dan pesertanya, hingga rencana anggarannya.

Semoga program kecil ini bisa berjalan dan memberikan manfaat dalam mendidik anak-anak di jalan Islam. Akhirul kalam, semoga amal kecil ini tercatat sebagai amal shalih dan hanyalah ridha Allah yang kita tuju…

Rancamanyar, Dzulhijjah 1429

Abu Naufal

About these ads

One Response to “Pengantar Proposal Program Tahfidz”

  1. Muhammad Husain Says:

    Assalamu Alaikum,
    Bpk Redaksi,
    Saya sekarang juga lagi merintis program tahfidz anak seperti yg sudah Bapak lakukan, saya sudah pernah bicarakan dengan pemuka setempat, beliau mau mendukung tapi beliau mau melihat proposal nya dulu, saya jadi bingung mau mulai dari mana, alhamdulillah saya ketemu situs ini. Untuk itu saya sangat mohon agar bapak bisa mengirimkafile proposal bapak itu ke saya, sebagai bahan saya untuk membuat proposal sejenis.
    Mudah-mudahn kita semua mendapat rahmat atas perjuangan kita membumikan Al-Quran di Bumi ini
    Wassalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: