Persiapan Qurban dan Idul Adha

Desember 2, 2008

dscf73231Kurang dari seminggu lagi, hari raya kaum muslimin akan tiba. Pada hari yang sama, sebagian kaum muslimin yang diberi kemampuan Allah SWT untuk berqurban, melaksanakan penyembelihan hewan qurbannya. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh LAZ al-Amanah, yang menangani kegiatan qurban ini.
Dalam pembicaraan melalui YM, pak Makin menyampaikan berbagai perkembangan dan rencana pelaksanaan Qurban tahun 1429. Diantaranya adalah dengan membentuk kepanitiaan khusus Qurban. Tidak ada yang terlalu berbeda, kecuali adanya ketua pelaksana yang akan dimusyawarahkan pada hari Ahad (1/12) kemarin. Beberapa nama akan diusulkan oleh beliau untuk menjadi ketuanya, dengan berbagai macam pertimbangan. Dalam mengusulkan nama-nama itu, ketua LAZ ini memiliki berbagai macam pertimbangan, selain pemerataan kesempatan beramal shalih, diantaranya aksesibilitasnya kepada seluruh warga. Ini hal yang penting. Adapun pengalaman, bukanlah hal yang utama, sebab ia bisa learning by doing… belajar sambil melaksanakannya.
Selain nama-nama calon ketua, pak Makin pun telah menyiapkan nama-nama untuk mengisi posisi di kepanitiaan qurban itu, seperti yang bertanggung-jawab dalam pengadaan dan penyediaan hewan qurban, penanggungjawab teknis pemotongan hewan qurban dan pengepakan daging hewan qurban, hingga penanggungjawab pendistribusian dagingnya. Khusus untuk penyediaan hewan qurban, panitia (LAZ) bekerjasama dengan Yayasan an-Nur. Hal ini berbeda dengan tahun lalu, dimana hewan qurban diadakan dari para peternak langsung. Alasannya, menurut pak Makin, demi kemudahan bagi warga serta Yayasan tersebut memang telah profesional dalam penyediaan hewan qurban.
Disamping pelaksanaan qurban, pada hari raya Idul Adha pun terdapat kegiatan ibadah yang akan dilaksanakan oleh kaum muslimin, mulai dari mengumandangkan takbir hingga pelaksanaan shalat Idul Adha. Untuk itu, pak Asril yang merupakan wakil ketua bidang Ibadah telah diamanahi untuk penyelenggaraan shalat Idul Adha, yang mencakup penyiapan mushalla (lapangan untuk shalat Id), menghubungi ustadz yang akan menjadi Imam dan Khatib. (Ustadz Saif sendiri pada hari Id itu telah diagendakan menjadi Imam dan Khatib di daerah Gedebage).
Dengan persiapan dan pengalaman pelaksanaan qurban dan Idul Adha tahun-tahun sebelumnya, semoga tahun ini bisa lebih baik. Lebih baik dalam kekhusuan ibadahnya, dan lebih meriah dalam menyambutnya, karena Idul Adha adalah hari rayanya kaum muslimin di seluruh dunia…

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: