Waktu Berqurban

November 17, 2008

dscf7330Waktu mulai dibolehkan berqurban adalah jika seseorang telah selesai melaksanakan shalat Idul Adha, hal ini berdasarkan sebuah hadits:

Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa menyembelih qurbannya sebelum shalat Idul Adha, maka hendaklah dia mengulang lagi sebagai gantinya, dan barangsiapa yang belum menyembelih, maka hendaklah dia menyembelih dengan menyebut bismillah. (HR Bukhari 5562 dan Muslim 1976).

Dalam sebuah hadits yang muttafaq alaih, tatkala Abu Burdah menyembelih kambingnya sebelum shalat Idul Adha, maka Rasulullah SAW mengatakan:
Kambingmu (yang engkau sembelih) adalah daging biasa (bukan daging qurban). (HR Bukhari 5557 dan Muslim 1961)

Sedangkan akhir waktu berqurban, terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Paling tidak ada empat pendapat yang masyhur. Pendapat pertama, adalah pendapat diatas. Pendapat kedua mengatakan akhir waktu berqurban sampai dua hari setelah hari raya Idul Adha, pendapat ketiga mengatakan akhir waktu berqurban sampai akhir bulan Dzul Hijjah, dan pendapat terakhir sampai akhir waktu hari raya Idul Adha yaitu tanggal 10 Dzul Hijjah saja. (Lihat asy-Syarh al-Mumthi 7/295-296). Adapun menurut pendapat yang terkuat adalah sampai akhir hari tasyriq yaitu akhir tanggal 13 Dzul Hijjah, hal ini dikuatkan oleh beberapa perkara, diantaranya Rasulullah SAW pernah bersabda:

Semua hari tasyriq itu (waktu) menyembelih (qurban). (HR Ahmad 4/82, Ibnu Hibban 1008, Baihaqi 9/295 dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih wa Dhaif al-Jami’ 4537).

Rasulullah SAW juga pernah bersabda:

Hari-hari tasyriq adalah hari makan-makan dan minum-minum dan dzikir kepada Allah. (HR Muslim 1141)

Sumber: majalah al-Furqon edisi 4 tahun ke-7/Dzul Qaidah 1428/ Nov-Des 2007 hal 36

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: