Doa untuk Jamaah Haji

Oktober 26, 2008

Ustadz, saya mau tanya ada tidak ucapan (doa) untuk orang yang baru pulang haji?
Sepanjang pengetahuan kami, tidak ada do’a atau ucapan tertentu dari Nabi SAW untuk orang yang baru pulang haji, namun tidak mengapa seorang mendoakan untuk mereka dengan doa-doa yang baik dan sesuai, seperti: “Semoga Allah menerima amal shalihmu, semoga Allah SWT menjadikan hajimu sebagai haji yang mabrur” dan lafadz-lafadz sejenisnya yang tidak menyimpan makna terlarang, sebab ucapan selamat dan doa kebaikan merupakan sesuatu yang disyariatkan dalam syariat Islam, baik di hari raya maupun selainnya.
Ada beberapa dalil yang menunjukkan adanya ucapan selamat pada selain hari raya, seperti ucapan para sahabat kepada Rasulullah SAW, “Selamat untukmu atas apa yang diberikan oleh Allah SWT kepadamu”, dan ucapan selamat dari Nabi SAW beserta para sahabat kepada Ka’ab bin Malik tatkala Allah SWT menerima taubatnya. (HR Bukhari 4156, Muslim 2769)
Syaikh Abdurrahman as-Sa’di berkata, “Ucapan selamat dalam berbagai kesempatan dibangun diatas kaidah yang berharga, yaitu asal dalam masalah adat -baik ucapan maupun perbuatan- hukumnya adalah boleh, tidak diharamkan atau dibenci kecuali apabila mengandung hal yang dilarang oleh syari’at atau mengandung kerusakan. Kaidah agung ini dibangun diatas al-Qur’an dan Sunnah. Sesungguhnya manusia tidaklah bermaksud ibadah dengan ucapan ini, namun hal itu merupakan kebiasaan sesama mereka. Hal ini tidak terlarang, bahkan menyimpan kemaslahatan sebab apabila kaum mukmin saling mendoakan maka mereka akan saling mencintai. Dan adat-adat yang dibolehkan oleh syariat apabila mengandung manfaat dan maslahat maka bisa menjadi amalan yang dicintai Allah SWT sesuai dengan buah yang dihasilkannya. Wallahu’alam.” (al-Fatawa as-Sa’diyyah hal 487, lihat pula risalah Wushul Amaani bi Ushuli Tahani oleh as-Suyuthi, Majalis Asyri Dzilhijjah Abdullah al-Fauzan, hal 111-114).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: