Shalat Jum’at Hajinya Orang Miskin?

Oktober 22, 2008

Apakah ada hadits yang menyatakan, bahwa jika kita melakukan shalat Jum’at, bagaikan melakukan ibadah haji bagi yang tidak mampu haji?

Hadits yang menyebutkan sebagaimana pertanyaan tersebut ada, akan tetapi hadits tersebut tidak shahih, bahkan maudhu (palsu). Lafadznya ialah: “Shalat Jum’at adalah hajinya orang-orang fakir”. Pada lafadz yang lain disebutkan: “Shalat Jum’at adalah hajinya orang-orang miskin”. Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Nu’aim al-Qudha’i dan Ibnu ‘Asakir dari Ibnu ‘Abbas dengan lafadz yang pertama, dan oleh al-Qudha’i juga dan Ibnu Zanjawaih dengan lafadz yang kedua. Hadits ini dimuat di dalam al-Jami’ush Shaghir no 2659.

Al-Munawi mengatakan di dalam Faidhul Qadir Syarh al-Jamiush Shaghir: “Hadits ini (juga) diriwayatkan oleh al-Harits bin Abi Usamah. Mereka semua meriwayatkannya melalui Isa bin Ibrahim al-Hasyimi, dari Muqatil, dari Adh-Dhahhak, dari Ibnu Abbas. Al-Iraqi mengatakan: “Sanad hadits ini dhaif”.

Syaikh al-Albani menjelaskan bahwa Muqatil ini (yakni bin Sulaiman) adalah seorang pendusta, dan perawi sebelumnya, yaitu Isa bin Ibrahim al-Hasyimi, seorang yang sangat dhaif. Imam al-Bukhari dan an-Nasa’i mengatakan tentangnya: “Haditsnya munkar”.

Hadits ini dimasukkan ke dalam hadits-hadits palsu oleh ash-Shaghani di dalam kitab al-Ahadits al-Maudhu’ah hal 7, juga dimasukkan ke dalam hadits-hadits palsu oleh Ibnul Jauzi di dalam kitab al-Maudhu’at (3/8) dengan lafadz: “Ayam merupakan kambing bagi orang-orang fakir ummatku, dan shalat Jum’at adalah hajinya orang-orang fakir ummatku”. (Lihat Silsilah ad-Dha’ifah 5/344-346 dan sebelumnya 5/313).

Hadits ini memang tersebar disebagian kalangan, tetapi berdasarkan keterangan para ulama ahli diatas, maka hadits diatas tidak dapat dijadikan sandaran. Wallahu a’lam. (Dikutip dari: majalah as-Sunnah, edisi 04 tahun XI 1428H/2007M, hal 8).

About these ads

One Response to “Shalat Jum’at Hajinya Orang Miskin?”

  1. faisol Says:

    terima kasih sharing info/ilmunya…
    semoga bisa menjadi ilmu yg bermanfaat & Multi Level Pahala (MLP), amin…

    sebagai tambahan, saya membuat tulisan tentang “Tidur Ketika Khutbah Jum‘at, Mengapa?!”
    silakan berkunjung ke:

    Tidur Ketika Khutbah Jum‘at, Mengapa?!

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol

    http://achmadfaisol.blogspot.com/


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: